Kamis, 27 Juni 2013

Yukata dan Kimono

Perbedaan antara Yukata dan Kimono


Kimono (着物?) adalah pakaian tradisional Jepang. Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang). biasanya Kimono di kenakan pad sat situasi formal seperti pernikahanatau upacara-upacara resmi. sedangkan Yukata adalah jenis kimono nonformal Jepang yang dibuat dari bahan kain katun tipis tanpa pelapis. Secara harfiah istilah Yukata berarti: baju sesudah mandi. namun pada perkembanganya banyak orang sulit membedakan antara kedua jenis pakaian tersebut. perbedaanya antara lain:

1. Bahan.
- Kimono: kimono terbuat dari bahan sutra yang halus dan tebal.
- Yukata: yukata pada umumnya terbuat dari bahan katun yang tipis, tetapi pada zaman sekarang banyak juga yang mengunakan bahan campuran seperti katun polyster.

2.Waktu digunakanya

-Kimono: pada umunya kimono dapat digunakan pada semua musim.
-Yukata: sedangkan yukata dugunakan pada musim panas.

3. Bentuk "Obi"
- Kimono: kimono memiliki bentuk obi berbentuk persegi empat dan di bagian perutnya terdapat alat penahan seperti papan tipis agar obi terlihat kaku dan rapi. selain itu, pada bagian belakang Obinya, biasanya dimasukan bantal kecil agar terlihat lebih rapi.
-Yukata: pada yukata, obi biasanya berbentuk pita dengan warna warna yang di sesuaikan oleh pemakai. dan cara pembuatan obinya pun lebih mudah dubandingkan dengan obi pada Kimono.

4. Kaoskaki
-Kimono: dalam pemakaian kimono, kaoskaki atau "Tabi" wajib digunakan. karna pada umumnya pemakian kimono yang bersifat formal.
-Yukata: sedangkan pada yukata, tidak di wajibkan untuk mengunakan kaoskaki.

5. Status sosial
-Kimono: dalam pemakaian kimono, kita dapat melihat status sosial mereka berdasarkan panjangnya lengan baju sang pemakai. bagi wanita yang belum menikah, mengunakan kimono berlengan "furisode" yang panjangnya mencapai lantai.
-Yukata: sedangkan pada pemakaian yukata, tidak adanya penentuan akan status sosial bagi pemakainya.

sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/04/08/110472040/Ini-Bedanya-Kimono-Dan-Yukata

Tidak ada komentar: